Diberdayakan oleh Blogger.

Pendukung

Dapatkan Tiket Kereta Api Online Di Indomaret

Tiket kereta api (KA) kelas Eksekutif/Argo dan kelas Bisnis kini bisa dipesan dan dibeli di Indomaret di wilayah Jawa. Peresmian dilakukan oleh Direktur Komersial PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), Sulistyo Wimbo Hardjito dan Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), Wiwiek Yusuf di Stasiun Gambir Jakarta, Selasa (14/6). Kerja sama tersebut adalah sebagai salah satu upaya PT. KAI untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan memperoleh tiket KA.

Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito mengisi form pemesanan tiket KA di salah satu toko di Indomaret yang berada di kawasan Stasiun Gambir disaksikan oleh Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf (menggunakan batik).

Konsumen yang hendak membeli tiket KA dapat langsung mendatangi toko Indomaret di seluruh wilayah Jawa, dengan memberikan informasi mengenai : Nama calon penumpang, alamat dan nomor telepon, Nomor/Nama kereta api yang akan digunakan, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan, jumlah penumpang yang akan berangkat (maksimum 4 tempat duduk) dan Kelas kereta Api yang diinginkan. Selanjutnya setelah melakukan transaksi akan mendapat kode booking atau bukti pembayaran dari Indomaret yang bisa langsung ditukar dengan tiket KA di stasiun pemberangkatan. Pemesanan tiket KA di toko Indomaret dapat dilakukan H-30 (tiga puluh hari) sampai dengan H-1 (satu hari) sebelum keberangkatan KA.

Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito juga mencoba pembelian tiket KA melalui M-KIOS yang tersedia di toko Indomaret.

Pada kesempatan tersebut Wimbo menjelaskan bahwa, kerjasama ini untuk mengikuti selera konsumen yang sudah akrab dengan teknologi informasi. “Ke depan beli tiket atau pesan tiket KA dapat dilakukan kapan dan dimana saja termasuk melalui telepon genggam dan Kios tiket (Vending Machine) yang akan ditempatkan di stasiun maupun di pusat perbelanjaan/ mal-mal.“ ujar Wimbo.

Indomaret memutuskan bekerjasama dengan PT. KAI bukan semata demi keuntungan finansial. Penambahan layanan baru ini menurut Wiwiek Yusuf, bukan saja untuk menambah jumlah frekuensi kunjungan pelanggan tetapi membantu pemerintah dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan secara cepat, mudah dan aman. Fasilitas tiket KA tersedia di 4.570 toko Indomaret di Jawa. Total Indomaret kini mencapai 5.372 toko di Jawa, Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito (kiri)) dan Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf (menggunakan batik), menyaksikan seorang pembeli yang sedang membeli tiket KA melalui layanan Indomaret.

Selain itu menurut VP Penjualan Angkutan Penumpang, Adi Suryatmini, tersedia juga berbagai pilihan sesuai keinginan pelanggan, antara lain reservasi melalui loket stasiun, agen perjalanan, Kantor Pos atau melalui Contac Center 121 dengan menekan 121(dari telepon rumah ) atau 021-121 dari telepon genggam, para calon penumpang akan memperoleh kode booking/pemesanan. Selanjutnya calon penumpang dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI, BII, MANDIRI, OCBC NISP , BPRKS, CIMB Niaga, PANIN Bank atau BPD Yogyakarta. Pembayaran dilakukan maksimal 3(tiga) jam setelah mendapatkan kode booking. Selanjutnya bukti pembayaran ATM dapat ditukarkan di loket stasiun pada saat sebelum atau hari keberangkatan. Pemesanan melalui Contact Center ini hanya untuk KA kelas Eksekutif/Argo maupun Bisnis yang dapat dilakukan 30 hari sd. 6 jam sebelum keberangkatan KA.

Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito(kiri) dan Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf (kanan) bersama salah seorang pembeli tiket KA yang menggunakan layanan penjualan di Indomaret, seusai menukarkan struk ke loket khusus.

Selain untuk pemesanan tiket, Contact Center 121 juga berfungsi sebagai pusat informasi jadwal perjalanan dan tarif serta untuk menerima keluhan pelanggan. Dikatakan Adi Suryatmini bahwa di Jawa dan Sumatera ada sekitar 145 stasiun yang sudah online, disamping itu juga terdapat 178 agen tiket perjalanan yang tersebar di berbagai kota yang bekerjasama dengan PT.KAI dalam penjualan tiket.

Apabila calon penumpang/pelanggan melakukan pembatalan pemesanan tiket KA, maka calon penumpang/pelanggan hanya bisa melakukannya di loket-loket stasiun dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Demikian VP Public Relations PT KAI, Sugeng Priyono menambahkan. (Humaska)

0 komentar:

Poskan Komentar